Tips Memilih Penyedia Jasa Rental Genset yang Murah dan Berkualitas

Sudah menjadi rahasia umum jika listrik yang disediakan negara kadang kala tidak stabil atau bahkan terjadi pemadaman. Padahal bagi sebuah perusahaan, hal ini bisa berakibat fatal. Generator set atau genset merupakan salah satu solusi bagi perusahaan untuk mengatasai pasokan listrik yang belum memadai dan pemadaman listrik mendadak. Apalagi banyak alat elektronik maupun mesin-mesin industri yang tidak boleh turun daya secara drastis karena bisa mengalami kerusakan. Salah satu solusi bagi industri maupun pelaku usaha adalah dengan menyewa genset di tempat rental genset murah agar pasokan listrik tetap aman.

Di Indonesia banyak vendor yang menyediakan jasa sewa genset. Tiap vendor mempunyai keunggulan dan kekurangan masing-masing. Harga yang ditawarkan pun variatif, sesuai dengan kapasitas  dan jenis genset yang ditawarkan. Sistem sewa yang ditawarkan pun beragam, bisa harian, mingguan atau bulanan. Adapun perusahaan yang biasanya menggunakan jasa sewa genset diantaranya adalah industri pertambangan, industri pengolahan logam, pengolahan karet, perhotelan, rumah makan, toko retail, hingga perkantoran.

Sebagai pelaku usaha, tentu ingin mendapatkan vendor rental genset murah namun berkualitas. Berikut tips memilih penyedia jasa sewa genset murah namun kredibel.

1.    Lihat Pengalaman Kerja


Carilah vendor sewa genset yang berpengalaman dan sudah banyak bermitra dengan perusahaan lain. Pengalaman kerja bagi vendor genset sangat penting karena pekerjaan pemasangan genset, pengoperasian hingga pemeliharaannya  bukanlah hal yang mudah. Semakin berpengalaman maka potensi semakin baik pelayanan serta safety nya lebih tinggi.

2.    Operator yang Handal

Mekanisasi dan elektrikal genset cukup rumit sehingga harus disiapkan operator yang benar-benar handal, mumpuni dan sanggung untuk menjalankan serta maintenance genset. Untuk memastikan kapabilitas operator, bisa dilihat dari sertifikasi yang dikeluarkan oelh Kementerian Ketenagakerjaan. Perlu diketahui pula bahwa tidak semua vendor menyediakan operator, sehingga bagi pelaku usaha yang ingin menyewa harus jeli saat memilih dan membaca ketentuan sewa menyewa.

3.    Kesiapan Lapangan

Vendor yang baik mestinya siap dalam kondisi lapangan sesulit apapun. Oleh karena itu, tanyakan kesiapan vendor dalam kondisi-kondisi mendesak dan sulit.

4.    Feed Back / Testimoni Pelanggan


Selain memastikan hal-hal di atas, tidak ada salahnya untuk mengecek feed back atau testimoni dari pelanggan-pelanggan sebelumnya. Biasanya testimoni tersebut jauh lebih jujur dan apa adanya dibanding iklan dari vendor.

Demikian tips memilih vendor genset terbaik yang murah namun berkualitas.