Breaking News Blog – Kebersihan dan kenyamanan kamar mandi merupakan hal penting yang tidak boleh dilupakan menyangkut persoalan rumah. Kamar mandi tentu bukan hanya digunakan untuk Anda saja, melainkan tamu yang berkunjung pastinya juga bisa menggunakan kamar mandi Anda. Kamar mandi yang bersih dan wangi tentu memberikan kesan khusus bagi siapapun yang menggunakannya. 

Permasalahan yang sering dialami oleh banyak orang yaitu kamar mandi yang berbau. Penyebab bau pada kamar mandi dapat berasal dari berbagai faktor. Seperti shampo, sabun, sampah, saluran wc tersumbat dan sebagainya bisa menyebabkan bau yang tidak sedap. Bau yang tidak sedap ini tentu mengganggu segala anggota penghuninya. Jangan khawatir, berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan bau tak sedap pada kamar
mandi minimalis
 Anda. 




Buka jendela

Kamar mandi dengan desain yang benar pasti memiliki jendela di ruangan tersebut. Pastikan kamar mandi Anda memiliki ventilasi yang cukup untuk sirkulasi udara. Sebaiknya jendela dibuka secara teratur agar udara segar bisa masuk ke dalam kamar mandi. Udara yang tidak sehat dapat menyebabkan kamar mandi lembab dan bau tidak sedap. 

Pewangi ruangan

Memakai pewangi ruangan pada kamar mandi Anda merupakan salah cara mudah untuk mengatasi bau tak sedap di kamar mandi. Pasanglah pewangi ruangan yang tidak mengeluarkan bau yang menyengat. Pilihlah bau alami yang menyegarkan kamar mandi Anda. 

Gunakan kapur barus

Masalah bau pada kamar mandi Anda bisa diatasi dengan penggunaan kapur barus. Kapur baru atau yang biasa disebut kamper merupakan salah satu pengharum ruangan yang serbaguna. Aromanya yang segar mampu mengusir bau yang tidak sedap pada sebuah ruangan. Biasanya kapur barus digunakan pada lemari, kamar, gudang maupun kamar mandi. Fungsi lain dari kapur barus ini dapa mengusir serangga dan hama yang ada di ruangan seperti semut, cicak dan kecoa.  

Lilin aroma terapi

Selain pewangi ruangan, lilin aroma terapi dengan varian rasa juga bisa digunakan sebagai pewangi ruangan di kamar mandi Anda. Nyalakan lilin aroma terapi Anda sambil mandi untuk merasakan sensasi menenangkan seperti di spa.

Bersihkan sampah

Jika Anda memiliki tempat sampah kecil di dalam kamar mandi untuk membuang pembalut, plastik shampo atau sabun yang sudah tidak terpakai. Sebaiknya buanglah sampah secara rutin  setiap dua kali sehari agar kamar mandi tidak bau. Sampah bekas pembalut, botol shampo serta barang yang tidak dipakai dapat menimbulkan bau yang tidak sedap. Oleh karena itu solusinya Anda perlu membersihkan tempat sampah kecil Anda keluar rumah. 

Tutup closet wc

Penggunaan closet yang tidak benar juga dapat menyebabkan bau yang tidak sedap pada kamar mandi. Saat menggunakan closet kamar mandi Anda, segera siram hingga bersih dan tutup jika tidak digunakan. Hal ini untuk mencegah bau yang tidak sedap yang berasal dari kotoran buang air besar maupun kecil. 

Pasang exhaust fan

Jika kamar mandi Anda tidak dilengkapi dengan jendela atau ventilasi yang baik untuk sirkulasi udara. Sebaiknya Anda menggunakan exhaust fan. Alat ini berfungsi untuk menyedot udara untuk mengurangi kelembaban dalam kamar mandi Anda. Udara lembab dari air panas dapat menyebabkan jamur tumbuh sehingga menyebabkan kamar mandi bau apek. 

Rajin bersihkan kamar mandi

Membersihkan kamar mandi secara rutin tentu dapat mengurangi kelembapan dan mengatasi bau. Bersihkan secara keseluruhan pada kamar mandi Anda. jangan lupa bersihkan bak mandi atau pancuran yang ada. Membersihkan kamar mandi secara rutin mencegah terbentuknya bai tang menyebabkan masalah. 
Itulah beberapa cara untuk mengatasi dan menghilangkan bau yang tidak sedap pada kamar mandi Anda. Beberapa cara yang mudahseperti yang sudah dijelaskan diatas dapat Anda lakukan pada kamar
mandi minimalis
 rumah Anda. Setelah itu rasakanlah manfaatnya. Selamat mencoba! 

By Daliono