Strategi Perang Harga Jasa Kurir

Kabarkhusus – Selain harus terus beradaptasi dengan teknologi, perusahaan jasa kurir juga harus menghadapi tantangan yang besar. Tantangan tersebut terletak pada persaingan yang ketat, khususnya yang telah menggunakan teknologi pada sistmenya. Strategi khusus harus diterapkan untuk memenangkan pasar. Apalagi kini pesaing tidak hanya satu namun sangat banyak dari yang memiliki nama besar hingga pesaing baru. Simak strategi perang harga jasa kurir yang harus diterapkan berikut.
 
 

 
Strategi Untuk Menghadapi Perang Harga Jasa Pengiriman Barang
 
1. Meningkatkan Produktivitas
 
Untuk menjawab tantangan terjadi persaingan global, perusahaan jasa kurir harus tingkatkan produktivitasnya. Dengan membuat alur kerja yang jelas akan membantu untuk meningkatkan produktivitas. Mengelompokkan tugas tugas penting dan menyisihkan sebentar kebutuhan lain seperti membuat proposal atau laporan setelah tugas utama selesai. Langkah ini bisa membuat semua laposan bekerja secara efektif.
 
Efek yang ditimbulkan apabila mampu untuk membuat produktivitas meningkat adalah bisa memberikan layanan tepat waktu. Dalam bisnis ini, ketepatan waktu menjadi kunci utama yang menjadi pertimbangan para pelanggan. Produktivitas yang telah dicapai juga harus didukung dengan kelengkapan sarana serta prasana perusahaan. Seperti adanya transportasi yang mumpuni dan sumber daya manusia yang memadai.
 
2. Jaminan dan Layanan
 
Menghadapi perang harga jasa kurir tidak hanya bisa dilakukan dengan meningkatkan produktivitas yang membuat ketepatan waktu meningkat. Namun juga harus meningkatkan layanan serta jaminan. Garansi adalalah satu hal yang sangat digemari oleh konsumen Indonesia. Selain untuk menjawab perang harga, juga sebagai cara agar konsumen percaya dan tidak ragu lagi untuk menjadikan perusahaan sebagai langganannya.
 
Karena konsumen tahu akan mendapatkan jaminan apabila barang rusak atau kesalahan yang membuat barang hilang. Sementara untuk peningkatan layanan bisa dengan selalu memberikan layanan bantuan selama 24 jam. Menyiapkan sumber daya ramah dan menyenangkan sebagai customer service juga menjadi salah satu untuk tingkatkan pelayanan. Karena layanan yang tidak ramah tidak akan menjadi pilihan selanjutnya.
 
3. Transparansi Pengiriman
 
Kini jasa pengiriman menjadi pendukung untuk bisnis toko online. Meskipun bisnis ini  tetap bisa berkembang tanpa adanya toko online namun tidak mengelak jika peran toko online sangat besar. Sebuah perusahaan jasa pengiriman harus memberikan informasi paling lengkap keberadaan barang saat proses pengiriman. Ini bisa menjadi salah satu strategi untuk menjawab perang harga yang kian hari semakin sengit.
 
Memberikan kemudahan konsumen untuk melakukan tracking melalui aplikasi membuat proses berjalan sangat transparan. Lebih baik untuk mencantumkan aplikasi pada website resmi perusahaan. Dengan adanya tracking sistem, konsumen bisa memantau secara langsung kinerja dari perusahaan jasa kurir yang digunakan. Bahkan juga akan sangat memudahkan perusahaan ketika mengalami kesulitan dalam pengiriman.
 
4. Ongkir Yang Kompetitif
 
Dengan memberikan pelayanan dan strategi yang maksimal, harga ongkos kirim dirasa tidak akan menjadi masalah bagi konsumen. Namun tetap usahakan untuk memberikan harga yang sesuai dan terlihat lebih baik dibandingkan pesaing. Karena konsumen juga menyukai penawaran hal murah yang menguntungkannya. Penerapan harga yang bersaing bisa menjadi hal aman karena sama dengan pasaran yang ada saat ini.
 
Meskipun harga yang ditawarkan tidak jauh berbeda, tapi dari segi pelayanan dan kualitas harus dibedakan. Konsumen sendiri yang nantinya akan memberikan penilaian siapa yang memenangkan hatinya. Jika semua kriteria yang menjadi pertimbangan masuk dalam kategori bagus maka harga bukan menjadi masalah yang krusial. Karena jika konsumen sudah mempercayakannya maka tidak ada hal lain yang harus dipikirkan. Cukup mempertahankan atau justru meningkatkan pelayanan.