Service AC Bandung : Ini Cara Perawatan AC yang Tepat

Breaking News – Salah satu produk elektronik yang populer di masyarakat selain televisi adalah air conditioner atau AC. AC menjadi salah satu kebutuhan penting di setiap rumah saat ini. AC bisa membuat Anda merasa nyaman berada di dalam ruangan meskipun cuaca sedang panas. 

Sebagai salah satu produk elektronik, tentu saja AC tidak bisa lepas dari adanya gangguan atau kerusakan. Itulah mengapa penting sekali bagi Anda untuk memberikan perawatan yang tepat agar AC bisa terhindar dari beragam bentuk gangguan.

Merawat AC dengan benar juga membantu unit AC bisa bertahan untuk waktu yang lama dalam kondisi yang prima. Sayangnya, masih banyak yang tidak tahu bagaimana cara merawat AC dengan benar sehingga AC menjadi lebih cepat rusak.




Cara Merawat AC yang Benar

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawa AC agar bisa bertahan lebih lama dengan performa yang prima.

1. Pastikan Ruangan Tertutup Rapat

AC digunakan untuk mendinginkan ruangan yang tertutup dengan rapat. Sebelum menyalakan AC pastikan ruangan benar-benar rapat. Jika ada jendela atau pintu yang terbuka, maka AC akan bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan dan hal ini bisa memperburuk kondisi AC Anda.

2. Matikan AC saat Pergi

Gunakan AC seperlunya saja. Ketika tidak digunakan atau saat Anda meninggalkan ruangan, jangan lupa untuk selalu mematikan AC. Dengan melakukan kebaisan ini, Anda bisa menghemat tagihan listrik sekaligus menjaga kondisi AC tetap prima.

3. Manfaatkan Timer

AC bisa lebih cepat rusak jika digunakan terus menerus tanpa diberi waktu untuk beristirahat. Berikan waktu istirahat untuk AC ketika ruangan sudah terasa dingin. Anda bisa memanfaatkan fitur timer pada AC agar AC bisa mati secara otomatis ketika ruangan sudah dingin. 

4. Setting Suhu yang Sesuai

Di negara Anda memang cuaca sering terasa begitu panas. Namun, perlu diketahui bahwa Anda tidak disarankan untuk mengatur suhu AC terlalu rendah apalagi jika dilakukan terlalu sering. Terlalu sering mengatur suhu AC rendah berarti Anda menekan AC untuk terus bekerja keras dan ini bisa berdampak buruk.

5. Bersihkan AC

Jangan lupa untuk menjaga kebersihan unit AC. Debu yang menumpuk di komponen unit AC juga bisa memperburuk kinerja AC. Oleh karena itu, Anda perlu membuka dan membersihkan AC secara rutin. Pelajari cara membersihkan AC sesuai dengan jenis AC yang Anda gunakan.

6. Periksa Kondisi Freon

Anda tentu saja ingin AC tetap bisa mendinginkan ruangan dengan maksimal. Silakan lakukan pemeriksaan freon di dalam AC. Hal ini untuk mengantisipasi jika terjadi kebocoran freon pada AC. Kebocoran freon akan menyebabkan hembusan udara dari AC menjadi kurang dingin.

Pengecekan freon bisa dilakukan setiap 6 bulan sekali. Mintalah bantuan teknisi AC untuk memeriksa kondisi freon. Selain freon, Anda juga perlu memeriksa kondisi blower. Bersihkan blower secara rutin supaya sirkulasi udara bisa berjalan dengan lancar.

Pada dasarnya, perawatan AC tidaklah sulit untuk dilakukan. Jika Anda memang ingin merasa nyaman menikmati performa AC yang prima untuk jangka waktu lama maka Anda tidak boleh malas melakukan perawatan yang benar.

Meskipun sudah melakukan perawatan dengan benar, seringkali AC masih bisa mengalami gangguan. Jika Anda menemukan gangguan pada AC maka Anda harus cepat-cepat mengambil tindakan. Anda bisa menggunakan jasa service
AC Bandung
 untuk segera melakukan tindakan pada AC yang mengalami gangguan.