Pemberian
ASI eksklusif
 
adalah sebuah usaha dari seorang ibu untuk sang buah hati. Pemberian ASI eksklusif ini dimaksudkan agar anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Dengan hanya meminum ASI, diharapkan anak bisa mendapat asupan nutrisi yang lengkap dan maksimal.
ASI disebut sebagai sumber nutrisi terbaik untuk bayi. Bayi menerima ASI eksklusif atau hanya ASI tanpa makanan sampai usianya menginjak 6 bulan. Selebihnya anak bisa mendapat nutrisi dari sumber makanan padat namun tetap diharuskan menerima ASI dari sang ibu.
Manfaat ASI bagi Anak dan Ibu

ASI memiliki beragam manfaat tak hanya untuk si anak namun juga bagi sang ibu. Karena ada begitu banyak manfaat yang bisa didapat, tak heran jika program pemberian ASI eksklusif selalu digencarkan. Ini dia beberapa manfaat ASI bagi kehidupan anak dan ibu.

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Anak yang menerima ASI eksklusif cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat. Mereka lebih jarang terkena penyakit karena di dalam ASI terkandung zat antibodi yang bisa melawan berbagai jenis virus dan bakteri yang menyerang anak.
Selain lebih kebal terhadap berbagai penyakit, ASI eksklusif juga membantu anak mendapatkan berat badan ideal yang stabil. Bukan hanya untuk sang anak, pemberian ASI eksklusifjuga membuat sang ibu bisa terhindar dari resiko kanker payudara.
2. Mempengaruhi Kecerdasan Anak

Anak yang menerima ASI eksklusif memiliki potensi kecerdasan otak yang lebih tinggi. Menurut ahli, ASI mengandung asam lemak yang berperan penting dalam perkembangan kecerdasan anak.
Salah satu usaha untuk membantu anak tumbuh cerdas adalah dengan memberikan nutrisi lengkap dan seimbang untuknya. ASI adalah sumber nutrisi lengkap terbaik untuk anak dan tentu akan sangat berpengaruh pada kecerdasan anak.
3. Membantu Menurunkan Berat Badan Ibu

Para ibu yang baru saja melahirkan seringkali mengalami masalah dengan berat badan mereka yang melonjak drastis. Biasanya setelah melahirkan mereka akan segera melakukan program diet untuk menurunkan berat badan. Ternyata, salah satu solusinya adalah dengan memberi ASI pada anak. 
Tak perlu repot-repot diet untuk menurunkan berat badan. Ibu justru harus banyak memilih konsumsi makanan bergizi agar nutrisi untuk anak selalu tersedia. Dengan menyusui anak, perlahan-lahan berat badan ibu bisa berkurang.
4. Memperkuat Ikatan antara Ibu dan Anak

Menyusui adalah salah satu kegiatan yang mampu membuat jarak antara ibu dan anak begitu dekat. Mendekap anak di dalam pelukan dan menyusui akan membantu mempererat ikatan batin antara ibu dan anak.
Semua ibu tentu ingin bisa memiliki hubungan batin yang kuat dengan anak mereka. Tak perlu bingung bagaimana caranya, cukup dengan menikmati saat-saat memberikan ASI kepada anak.
5. Menghemat Biaya

Tidak perlu membeli susu formula karena anak menerima gizi lengkap lewat ASI. Memberikan ASI membantu menghemat pengeluaran namun anak tetap bisa mendapat asupan nutrisi yang berkali-kali lipat lebih baik daripada susu formula.
Tak hanya menghemat biaya, memberikan ASI kepada anak juga bisa membantu menghemat waktu. Tidak perlu repot-repot membuat susu formula ketika anak menangis. Begitu anak merasa haus dan menangis, sang ibu bisa langsung memberikan ASI.
ASI memiliki begitu banyak manfaat untuk pertumbuhan anak dan kesehatan ibu. ASI juga membuat ibu dan anak menjadi semakin dekat dari waktu ke waktu. Jadi, pastikan Anda juga mendukung program pemberian ASI eksklusif demi mencetak penerus bangsa yang cerdas dan sehat. 

By Daliono