Aneka Menu MPASI Pertama bayi 6 Bulan

Jika Ibu sudah sukses menjalankan program ASI eksclusive, saatnya bayi Ibu sekarang membutuhkan asupan makanan pendamping ASI. Karena tidak semua nutrisi sekarang bisa dia dapatkan dari ASI saja. Memperkenalkan bayi dengan sesuatu asupan baru memang tidak mudah, perlu ketelatenan dan kejelian Ibu dalam mengolah menu MPASI pertama bayi 6 bulan.

Ketika Ibu mengenalkan menu MPASI pertama bayi 6 bulan, buatlah dengan mengolah makanan dengan konsistensi yang lebih padat. Hal ini akan membuat makanan bertahan lebih lama di mulut bayi, sehingga membuatnya melatih diri untuk mengunyah dan juga dapat menstimulasi pertumbuhan giginya.



Untuk kali pertama memberikan menu MPASI pertama bayi 6 bulan, sebaiknya lakukan satu kali perhari sampai bayi mulai terbiasa. Kemudian, setelah bayi semakin mengenal makanan baru yang masuk ke tubuhnya, tingkatkan pemberian MPASI ini secara bertahap hingga memiliki jadwal seperti orang dewasa, yakni tiga kali sehari. Buatlah jadwak rutin untuk mengatur waktu makannya, hal ini akan berguna untuk mengatur pola makan dan pola hidup bayi agar pertumbuhannya optimal. 

Seringnya, ketika menu MPASI pertama bayi 6 bulan diberikan, akan ada penolakan dari si bayi. Ibu harus tetap memiliki prinsip yang kuat untuk memperkenalkan mereka dengan asupan terbaru tubuh mereka. Namun juga Ibu harus menyadari satu hal, bahwa di awal bulan ke-6 usia bayi, memberikan makanan padat hanyalah suatu pendamping dari ASI. Jadi jika mereka hanya memakan makananan beberapa sendok, Ibu tidak perlu khawatir, karena nutrisi utamanya masih berasal dari ASI. ibu hanya jangan menyerah memperkenalkan berbagai macam aneka makanan sehat padanya.

Tahapan-tahapan memberikan menu MPASI pertama bayi 6 bulan juga harus Ibu perhatikan. Jangan langsung memberikan makanan yang begitu padat padanya. 

· Tahap 1 : Berikan bubur susu kepadanya. Larutkan susu dan air jika ingin mengolahnya secara manual. Jaga teksturnya agar agak padat tidak menjadi cair

· Tahap 2 : Mulai memperkenalkan bubur saring yang memiliki kandungan karbohidrat dan juga protein. Tetaplah pergunakan susu juga dalam bubur ini. Dalam membuat bubur saring ini, Ibu juga dapat mengkombinasikankannya dengan bubur saring dengan sayuran ataupun menu mpasi berbahan apel pisang atau campuran dari buah-buahan, beras merah, labu, roti tawar dan sebagainya.

Beberapa contoh menu MPASI pertama bayi 6 bulan boleh Ibu simak berikut ini.

1. Bubur susu apel. 

Masukan apel yang sudah dibersihkan  dan biji tengahnya dibuang, ke dalam air mendidih selama 10 menit. Setelah itu parut apel hingga halus. Larutkan tepung beras bersama apel dengan susu cair formula. Masak hingga matang dan mengental. Setelah dingjn, siap disuapkan kepada bayi.
Memberikan buah apel yang kaya akan vitamin c, akan membantu pertumbuhan tulang dan gigi bayi, serta memperbaiki pecernaan

2. Bubur susu labu kuning

Campur labu kuning yang sudah direbus, bayam rebus dan kuning telur rebus menjadi satu. Blender dengan susu formula cair. Setelah halus, campurkan tepung beras. Masak di atas api hingga kentak dan matang. 
Kandungan yang terdapat pada labu kuning akan membantu anak meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Menjaga kesehatan mata dan menyembuhkan radang.

3. Bubur susu jagung melon

Parut halus melon dan jagung hingga halus. Masak di api kecil hingga mendidih, angkat. Beri sedikit susu formula cair hangat, aduk sampai rata. 
Kandungan yang terdapat pada jagung dan melon, akan membantu kinerja metabolisme tubuh bayi

Demikian beberapa informasi yang bisa saya berikan, semoga artikel ini dapat bermanfaat.