5 Tips Membeli Bor Impact Drill Terbaik Awet Harga Terjangkau

Jika kamu bingung bagaimana tips membeli bor impact drill terbaik yang bisa awet dan harganya tetap terjangkau perlu mengetahui beberapa tips yang akan diulas. Bor listrik kini beragam macamnya. Namun, setidaknya ada dua sumber power yang digunakan yaitu dari sumber listrik langsung dengan menggunakan kabel dan sumber dari baterai sehingga lebih fleksibel dan bisa dibawa ke mana-mana tanpa perlu repot menyambungkan dengan colokan kabel.

Lalu kira-kira mana yang paling cocok untuk kebutuhan kamu? Buat yang bekerja seharian dengan bor mungkin perlu mempertimbangkan beberapa tips berikut supaya sesuai dengan kebutuhan yang ada. Apalagi jika belinya menggunakan kredit online cicilan bulanan sehingga pemakaiannya benar-benar bisa dimaksimalkan tanpa harus membeli dua tipe yang berbeda.

Pertimbangkan Sumber Powernya

Sumber power bor dibedakan atas dua sumber yaitu dari kabel listrik langsung dan satunya lagi menggunakan baterai. Tentu saja saat ini trennya menggunakan cordless alias tanpa kabel sehingga memanfaatkan sumber dari baterai.

Salah satu kelemahan dari baterai adalah tidak tahan lama dan memerlukan baterai cadangan sehingga bor masih tetap bisa digunakan untuk mendukung pekerjaan harian. Bor cordless saat ini hampir bisa digunakan secara multifungsi tidak hanya diperuntukkan untuk pekerjaan di bengkel saja tapi juga di berbagai tempat yang memerlukan bor atau untuk melakukan perakitan furniture sekalipun  menggunakan model obeng otomatis dengan mesin bor cordless yang bisa dihubungkan dengan berbagai jenis mata bor yang berbeda-beda sesuai peruntukannya.

Pahami Perbedaan Bor Standar vs Impact Driver

Ada perbedaan mendasar antara bor standar (impact drill) dengan impact driver. Impact drill digunakan untuk pengeboran melubangi kayu atau dinding dan permukaan yang keras lainnya. Sementara impact driver digunakan untuk membuka atau mengencangkan mur, sekrup serta baut. Sehingga dari kegunaan serta fungsinya memang berbeda-beda.

Impact drill atau bor memiliki kecepatan yang konstan dan torsi yang lebih rendah sehingga jika digunakan untuk memasang sekrup dengan ukuran yang lebih panjang biasanya tidak akan maksimal dan berpotensi membuat sekrup menjadi selek. Dalam kondisi demikian paling tepat menggunakan impact driver yang punya torsi dan kekuatan lebih besar dibandingkan dengan bor sehingga mampu melakukan penyekrupan dengan ukuran yang panjang sekalipun.

Jadi sudah tahu kan apa bedanya bor standar dengan impact driver?

Perhatikan Torsi Putarannya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa impact drill memiliki torsi putaran yang konsisten. Namun, torsi putaran juga berbeda-beda disesuaikan dengan kemampuan dan kapasitasnya. Untuk pekerjaan yang lebih berat seperti membuka baut ban mobil disarankan justru menggunakan impact wrench yang berbeda dengan impact drill maupun impact driver yang torsinya lebih rendah. Jadi, pastikan torsi putaran juga sesuai dengan kebutuhannya agar powernya sesuai.

Sesuaikan Ukuran dan Beratnya

Impact drill rata-rata memang cukup berat karena ada beban baterai. Namun, masih bisa ditoleransi karena masih bisa digunakan dengan satu tangan saja. Ukuran dan beratnya akan tergantung pada seberapa besar peruntukannya. Misalnya untuk alat-alat industri dan pertambangan tentu ukurannya akan lebih besar dibandingkan dengan kebutuhan rumahan.

Cek Kapasitas Baterai

Kapasitas baterai tentu saja berbeda-beda tergantung merek dan juga ukurannya. Untuk impact drill ukuran standar biasanya mengusung kapasitas baterai 18V 2.0Ah. Rata-rata berat impact drill sekitar 1kg belum termasuk baterai. Makin besar baterainya, beban impact drill juga makin berat.

Jika kamu sudah bisa memahami bor impact drill terbaik, lakukan pembelian di marketplace yang dipercaya sehingga ada jaminan garansi dari official store atau paling tidak dari tokonya. Jika membeli dengan menggunakan kredit online cicilan bulanan dari Kredivo, kamu bisa memanfaatkan cicilan 0% tanpa bayar bunga sama sekali. Cukup bayar biaya admin saja 3% dari harga barang.

Bor impact drill rata-rata seharga Rp1 jutaan, Paling murah atau harga generik di kisaran Rp500 ribuan. Artinya kamu hanya perlu bayar biaya admin Rp30 ribuan hingga Rp15 ribuan saja. Utang pokoknya bisa dibayar tiap bulan selama 3 bulan.

Jika dirasa perlu impact drill yang punya merek seperti makita atau bosh, harganya memang tinggi. Tapi, kamu tetap bisa memanfaatkan cicilan fleksibel dari Kredivo dengan tenor 6 atau 12 bulan dengan bunga rendah mulai dari 1.99% per bulan. Nah, daftar aja sekarang lewat aplikasi resmi Kredivo yang bisa kamu unduh secara gratis di App Store atau Play Store. Dapatkan limit hingga Rp50 juta jika mendaftar sebagai member premium.