3 Cara Melacak HP Android yang Hilang

Kabar Khusus – Gimana sih cara melacak hp android yang hilang? Mungkin itu pertanyaan pertama yang muncul ketika Anda kehilangan HP kesayangan. HP yang hilang biasanya disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari terjatuh, lupa menyimpan, atau memang dicuri oleh copet. Namun, Anda tidak perlu khawatir saat kehilangan HP Oppo A3S, karena di dalamnya terdapat software yang bisa digunakan untuk melacak posisi HP.

Cara Melacak HP Android yang Hilang

Untuk mencari HP yang hilang pada zaman sekarang sangatlah mudah, lantaran dibantu dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi sekalipun saat mencari HP yang hilang tersebut. Nah, gimana sih sebenarnya cara melacak HP Android yang hilang, baik itu karena lupa atau kecopetan? Yuk simak uraian di bawah ini, siapa tahu suatu hari nanti Anda membutuhkannya.

1.    Cara Melacak HP yang Hilang dengan Google Maps dan Gmail

Cara melacak HP yang hilang yang pertama ialah dengan menggunakan Google Maps dan Gmail. Dalam  hal ini, Anda dapat memanfaatkan fitur layanan peta dari Google. Beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan dalam mencari HP yang hilang dengan Google Maps ialah; pertama, buka tautan Device Manager pada Google Anda kemudian pilih accept untuk penggunaan bahasa yang digunakan di HP.

Setelah masuk ke Device Manager, terdapat pilihan fitur seperti putar suara untuk menderingkan ponsel, kunci HP agar tidak ada yang bisa membukanya, serta perintah untuk menghapus semua konten yang ada dalam HP tersebut. Apabila lokasi Anda tidak bisa dilacak, Anda bisa menghapus atau me-reset HP dengan menekan tombol Erase. Dengan cara ini, HP Anda akan kembali ke pengaturan pabrik dan GPS pun menyala.

2.    Menggunakan Aplikasi 

Untuk cara yang kedua, Anda membutuhkan tambahan aplikasi. Untuk mendapatkan aplikasinya bisa Anda unduh melalui Play Store. Cara pemakaiannya sama seperti yang pertama, namun aplikasi ini bisa langsung menunjukkan keberadaan HP Anda yang hilang. Aplikasi ini tidak hanya memperlihatkan posisi HP Anda, bahkan ia bisa mengunci HP dari jarak jauh agar tidak bisa dibuka oleh yang menemukannya.

3.    Pakai Aplikasi Pihak Ketiga

Aplikasi pihak ketiga ini maksudnya aplikasi lain yang bisa Anda download dengan pilihan produsen lain. Karena sejauh ini hanya Google yang menyediakan aplikasi pencari HP yang hilang. Namun, ada beberapa perusahaan yang ikut mengembangkan aplikasi ini yang disebut dengan aplikasi pihak ketiga. Untuk mendapatkan aplikasi pihak ketiga bisa Anda download di Play Store. Aplikasi ini biasanya tidak berbayar alias gratis.

Nah, kalau aplikasi pihak ketIga ini bisa digunakan oleh brand HP apapun, termasuk Oppo A3S. Meski biasanya setiap HP memiliki akses ke Google dalam hal pencarian posisi HP yang hilang. Namun, untuk memastikan HP Anda tetap aman dan bisa dikembalikan oleh pemiliknya, lebih baik menggunakan aplikasi pihak ketiga. Untuk jaga-jaga juga sih supaya seluruh dokumen penting dalam HP Anda segera terselamatkan.

Demikianlah tiga cara mencari HP Android yang hilang menggunakan Google Maps, Gmail, aplikasi bawaan Google, dan aplikasi pihak ketiga. Segera set up aplikasi-aplikasi ini untuk melakukan tindakan preventif terhadap HP Oppo A3S Anda yang mungkin bisa hilang sewaktu-waktu. Dengan adanya tindakan pencegahan ini, HP yang hilang besar kemungkinan akan segera kembali sesuai harapan Anda. Selamat mencoba dan jangan lupa menginstall aplikasinya!