free stats

Ketahui Pentingnya Kalian Harus Kuliah di Universitas

Sumber: kampusundip.com

Saat ini banyak sekali anak muda yang berkeinginan untuk bisa melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Apalagi setelah pendaftaran Politeknik Sahid dibuka ada banyak sekali pelajar lulusan SMA yang mencari informasi pendaftaran meski dalam kondisi masa pandemi seperti saat ini. Sebenarnya apa arti kuliah untuk mereka? Bukankah banyak anak kuliah yang lulus namun setelah itu ternyata menganggur belum bekerja juga.

Alasan Pentingnya Kuliah Di Universitas Untuk Kalian Lulusan Terbaru

Persaingan yang ada di dunia kerja saat ini sudah semakin tinggi. Jika kamu sudah berencana untuk melanjutkan kuliah setelah lulus dari SMA maka sebaiknya persiapkan dengan baik semua hal yang diperlukan untuk hal tersebut. Mengapa banyak anak muda yang ingin melanjutkan kuliah? Dalam artikel berikut ini Kami akan mencoba membahasnya agar supaya Kamu pun tahu alasan penting untuk melanjutkan kuliah khususnya ke universitas. 
  • Prestise tersendiri

Melanjutkan kuliah ke universitas memang membutuhkan biaya yang tak sedikit. Bukan hanya biaya untuk membayar biaya kuliah saja. Namun juga untuk biaya membeli perlengkapan kuliah, sewa kamar kost dan biaya hidup jika kamu kuliah di lokasi yang jauh dari rumah.
Namun dengan melanjutkan kuliah maka paling tidak Kamu akan dipandang lebih baik daripada anak lulusan SMA saja. Hal itu bukan saja akan Kamu rasakan pada saat berada di tengah masyarakat saja. Namun ketika melamar pekerjaan, sikap dan cara pandang pada Kamu akan sangat jauh berbeda. 
  • Banyak pilihan universitas

Melanjutkan kuliah ke universitas memiliki lebih banyak pilihan ketimbang sekolah tinggi yang ada. Selain itu, jika Kamu memilih untuk kuliah di universitas biasanya untuk akreditasi lebih terpercaya. Sehingga kualitas lulusan Kamu pun dijamin lebih dihargai ketimbang kualitas lulusan sekolah tinggi biasa.
3. Peluang untuk dapatkan beasiswa
Kuliah di universitas juga menjamin Kamu bisa mendapatkan kesempatan beasiswa yang lebih banyak. Kamu bisa mencari informasi peluang beasiswa yang ada di universitas tersebut untuk Kamu ambil sehingga bisa meringankan biaya kuliah yang harus dibayarkan. 
  •  Jurusan sesuai keinginan

Tahukah Kamu bahwa pilihan jurusan yang ada di universitas jauh lebih bervariasi ketimbang pilihan jurusan yang ada di sekolah tinggi. Sehingga jika Kamu ingin melanjutkan kuliah dengan jurusan yang mungkin jarang ada di sekolah tinggi, maka salah satu alternatifnya adalah dengan melanjutkan kuliah di universitas. Cek saja pilihan jurusannya saat Kamu melakukan daftar kuliah online
  •  Bisa aktif di ekstrakurikuler

Untuk masa depan, yang terpenting bukanlah dengan melanjutkan kuliah di universitas yang ternama. Namun yang paling penting adalah setiap proses yang Kamu lewati selama menyelesaikan kuliah tersebut.
Untuk mendapatkan banyak pengalaman selama kuliah, Kamu bisa aktif di kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan bakat dan minat Kamu. Di universitas terbuka lebar peluang untuk aktif berkegiatan di kegiatan intra atau ekstra yang ada di kampus demi mengembangkan potensi yang ada. 
  •  Peluang kerja terbuka lebar

Jika melanjutkan kuliah di universitas, maka peluang untuk bekerja juga terbuka lebih lebar. Banyak perusahaan atau kantor yang menetapkan penerimaan karyawan atau pegawai harus lulusan S1 atau yang sederajat. Hal ini membuktikan bahwa lulusan kuliah masih sangat diperhatikan dengan baik. 
  • Lingkup pergaulan yang lebih luas

Dan alasan yang terakhir mengapa Kamu harus kuliah di universitas adalah karena di universitas Kamu akan menemui banyak sekali orang dari berbagai daerah, dengan berbagai potensi dan kepribadian, berbagai adat dan budaya serta berbagai minat jurusan yang mereka miliki. Itu menjadi satu kesempatan terbaik Anda untuk memiliki relasi atau teman pergaulan yang lebih luas lingkupnya. 

Bagaimana Jika Tak Berkesempatan Untuk Kuliah Di Universitas?

Lalu bagaimana jika karena kondisi ekonomi menyebabkan Kamu harus merelakan kesempatan untuk bisa berkuliah ke universitas? Jangan khawatir. Karena Kamu bisa melanjutkan kuliah ke universitas terbuka yang juga memiliki banyak kelebihan layaknya universitas lainnya. Seperti misalnya yang pertama universitas terbuka merupakan  jenis kampus yang terbilang tak memiliki batasan. Karena untuk kuliah disini kamu tak terbatas dengan usia, bisa memilih jurusan apa saja, kuliah dari mana saja dan kapan saja Kamu bisa. 

Karena waktu kuliah di universitas terbuka lebih fleksibel maka biasanya banyak karyawan kantor atau pekerja yang mengambil jenis kuliah yang satu ini. Sehingga mereka tetap bisa bekerja meski sambil kuliah. Pembelajaran di universitas ini dilakukan secara mandiri dengan mengandalkan teknologi yang ada. Seperti dengan menggunakan laptop dan koneksi internet. Dapatkan informasi lebih lengkap tentang universitas terbuka di aplikasi goKampus yang bisa langsung diinstall di perangkat gadget Kamu.