Tips Merawat Tas dari Kulit Sintetis

Tas selempang saat ini banyak sekali diminati oleh kaum wanita. Tas selempang dinilai sebagai jenis tas yang praktis dan bisa digunakan dalam berbagai suasana. Selain itu, sekarang pilihan produk tas selempang juga semakin beraneka ragam. Ada yang berukuran kecil, sedang, maupun besar. Warna dan desain tas selempang yang beredar di pasaran juga bermacam-macam.

Tas adalah salah satu benda penting yang harus dimiliki oleh seorang wanita. Setiap wanita memiliki selera masing-masing mengenai jenis tas. Ada yang suka pakai tote bag, ada yang lebih nyaman memakai ransel, ada juga yang lebih suka memakai tas selempang. Selain itu, setiap wanita juga punya selera masing-masing soal jenis bahan tas yang akan mereka gunakan.

Ada banyak sekali jenis bahan yang bisa digunakan untuk membuat tas. Mulai dari berbagai jenis kain seperti kain katun juga kain blacu, hingga material kulit maupun kulit sintetis atau kulit buatan. Bagi Anda yang hobi mengoleksi tas dari material apapun, lakukanlah perawatan dengan cara yang tepat agar tas Anda awet dipakai untuk jangka waktu yang lama.

Tips Merawat Tas Kulit Sintetis

Setiap tas harus dirawat dengan sebaik mungin agar bisa awet untuk digunakan. Cara perawatan tas juga bisa berbeda-beda, tergantung pada material yang digunakan. Setiap material memiliki karakteristik masing-masing sehingga perawatannya juga berbeda. Kali ini kita akan membahas bagaimana metode perawatan yang tepat untuk jenis bahan kulit sintetis.

Kulit sintetis banyak digunakan sebagai bahan pembuatan tas. Banyak sekali produk tas yang terbuat dari kulit sintetis mulai dari jenis tas jinjing, tas selempang, hingga tas ransel. Meskipun merupakan kulit sintetis, bukan kulit sesungguhnya tapi tas kulit sintetis juga tetap memiliki kualitas dan estetika yang sangat baik.

Agar tas kulit sintetis Anda bisa bertahan awet, inilah dia 6 tips perawatan tas dengan bahan kulit sintetis :

1.    Lindungi dari Paparan Sinar Matahari Langsung

Lindungi tas Anda dari sinar matahari langsung apalagi kalau matahari sedang terik-teriknya. Ketika bahan kulit sintetis terkena sinar matahari langsung, bagian kulit dapat mengembang kemudian bisa berakibat kerusakan. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak menjemur tas di bawah sinar matahari langsung ketika tas dalam kondisi basah.

2.    Gunakan Silica Gel

Ketika tas tidak digunakan maka lebih baik tas disimpan di tempat yang tepat. Anda disarankan menyimpan tas kulit sintetis dengan menggunakan silica gel. Silica gel bisa membantu mengurangi kelembaban udara sehingga bisa mengurangi potensi terbentuknya jamur pada permukaan tas.

3.    Jangan Ditumpuk

Jangan menyimpan tas kulit sintetis Anda dengan cara ditumpuk. Lebih baik, jajarkan tas Anda dalam posisi yang sebisa mungkin tidak terlalu  berdempatan. Jika terlalu berdempatan dan tertumpuk, maka udara akan lembab kemudian bisa muncul gesekan antara tas satu dengan tas lain yang bisa menimbulkan terjadinya kerusakan.

4.    Segera Bersihkan Noda yang Menempel

Saat tas Anda terkena noda, usahakan untuk segera membersihkan noda tersebut. Misalnya, tas Anda terkena noda makanan, langsung bersihkan dengan menggunakan lap atau tissue basah. Jika tidak segera dibersihkan, noda akan terus mengendap dan memicu munculnya jamur yang kemudian berakibat pada kerusakan tas.

5.    Jangan Disimpan Terus

Anda membeli tas untuk dipakai, bukan? Jangan menyimpan tas Anda terus menerus. Hal ini sering terjadi pada mereka yang memiliki banyak koleksi tas dan yang dipakai itu-itu saja. Pakailah secara bergantian. Usahakan semua tas dipakai dengan porsi yang sama. Tas yang terlalu lama disimpan justru akan lebih cepat rusak.

6.    Jangan Dicuci

Untuk jenis tas kulit sintetis, tidak disarankan untuk dicuci. Jika tas dalam kondisi kotor Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan lotion dan minyak kayu putih. Selain bisa membersihkan noda-noda yang menempel, pembersihan menggunakan lotion ini juga bisa membuat tas tampak menjadi baru.

Itulah tadi 6 cara yang bisa dilakukan untuk merawat tas kulit sintetis Anda. Tips ini berlaku untuk berbagai model tas, mulai dari tas selempang hingga ransel. Jika Anda melakukan perawatan dengan cara yang tepat dan menggunakan tas dengan hati-hati pasti tas akan bisa awet digunakan.