Suka Foto Candid? Intip 8 Tips Mudah Mendapatkan Foto Candid yang Memukau

Kabar Khusus – Foto candid memang memiliki keindahannya sendiri, lebih artistik dan indah. Lagipula mendapatkan foto candid tidaklah mudah. Foto candid yang memukau harus terlihat lebih natural, momentum serta ekspresi orang yang difoto pun harus terlihat dengan jelas menarik.

Jadi bagaimana sih caranya mendapatkan foto candid yang memukau?


Apakah harus menggunakan kamera DSLR dengan lensa tele nya?

Nah, yuk simak tipsnya berikut ini, agar foto candid yang kamu hasilkan bisa lebih terlihat memukau.

1. Jangan gunakan flash
 
Yang namanya foto candid, artinya si objek tidak tahu bahwa akan difoto. Jadi, tentu saja hindari pengunaan lampu flash. Lalu, bagaimana kalau kondisi cahayanya minim?
Nah, solusinya bisa dengan melebarkan aperture dan ISO. Tapi itu untuk yang menggunakan kamera DSLR, bagaimana kalau kita menggunakan kamera smartphone?
Apakah kita bisa mendapatkan hasil foto candid yang memukau dengan kamera smartphone?

Tentu saja bisa, kok. Apalagi teknologi kamera smartphone sekarang sudah semakin beragam. Untuk foto malam sih cukup sekali klik aja! Mau tau contohnya? Nih, contohnya OPPO Reno yang punya fitur Ultra Night Mode 2.0. Dengan fitur ini, kamera smartphone mampi meningkatkan kecerahan gambar sekaligus mereduksi noise yang timbul. Jadi foto-foto yang dihasilkan tetap terlihat memukau walau dalam kondisi minim cahaya sekalipun.

2. Selalu bawa kamera

 
Agar tidak kehilangan momen, selalu siapkan kamera ya, jadi kita bisa mengambil foto candid kapan saja dan di mana saja. Repot bawa kamera DSLR? Hehehe cukup dengan kamera smartphone, kita juga bisa kok mendapatkan hasil foto candid yang memukau.

Coba deh sesering mungkin menjepret objek secara candid. Pasti perlahan kita akan terlatih untuk tidak canggung lagi memotret candid.

3. Sabar menunggu momen


Kesabaran adalah poin penting untuk mendapatkan foto candid yang bagus. Coba bersabarlah untuk mendapatkan ekspresi yang sempurna, atau bersabarlah saat menunggu momentum.

4. Fokuskan Kamera Pada Objek

Fokus pada objek yang akan dibidik! Jangan sampai fokus kamera kita malah beralih ke hal lain. Maka dari itu kita harus sangat teliti membidik objek yang akan kita potret. Tenang saja, zaman sekarang foto candid tidak selalu harus menggunakan kamera DSLR. Dengan kamera smartphone kita juga bisa kok mendapatkan hasil foto close up yang bagus walau dari jarak yang jauh sekalipun. Apalagi kalau kita menggunakan kamera dari smartphone yang canggih seperti OPPO Reno.


OPPO Reno ini dibekali dengan dua kamera utama di belakang yang beresolusi 48 MP bersensor Sony IMX586 dengan aperture f/1.79 dan kamera sekunder dengan depth sensor beresolusi 5 MP. Kombinasi kamera keduanya mampu menghasilkan foto bokeh dengan baik. Untuk mengambil foto bokeh ini, pengguna dapat menggunakan fitur Potrait Mode yang ada pada aplikasi kamera bawaan OPPO Reno.

Bukan cuma itu, OPPO juga menghadirkan fitur andalan pada aplikasi kamera bawaan smartphone, yaitu Dazzle Color Mode dan Ultra Night Mode 2.0 yang bisa membantu kita mendapatkan hasil foto terbaik, pada siang maupun malam hari. Fitur Dazzle Color Mode inilah yang akan meningkatkan warna dan gaya pada foto jadi lebih menarik. Dengan fitur ini, foto bisa jadi lebih cerah dan warnanya lebih mempesona ketika dipandang mata.


Selain kameranya yang mantap, OPPO Reno juga memiliki kelebihan dari segi desainnya. Dimana kamera depannya hanya akan muncul jika diaktifkan dan akan kembali sembunyi jika tidak digunakan. Desain kamera ini berbentuk segitiga,  , dan disebut sebagai Pivot Rising Camera, yang jika muncul bentuknya akan terlihat seperti ikan hiu.

Masih penasaran dengan OPPO Reno? Langsung saja cek ke website resminya disini  https://www.oppo.com/id/smartphone-reno/ 

5. Tambahkan background
 
Kadang background menjadi unsur yang penting juga dalam fotografi. Tanpa background foto akan datar, tidak bercerita. Jadi, sebaiknya posisikan objek foto di kiri atau kanan frame, biarkan background juga terlihat jelas, tujuannya untuk menunjukkan lokasi atau keadaan pada saat foto diambil.

6. Sigap terhadap momen

 
Untuk bisa menangkap momen, kita harus sensitif dan pandai membaca situasi. Kita harus bisa membaca emosi yang dilakukan si subyek yang tengah tertawa, menangis, tersenyum, atau apapun. Dan kemampuan ini memang diperoleh dari hasil latihan yang panjang. 

7. Cari posisi yang tepat

Untuk mendapatkan foto candid yang natural, kita harus pandai membaca sudut pengambilan foto. Cari posisi yang tepat di sekitar subyek foto. Jangan ragu untuk berpindah-pindah, agar kita mendapatkan hasil foto dari angle yang terbaik

8. Gunakan mode burst


Foto candid biasanya subjeknya adalah manusia, nah gerakan manusia terkadang sulit diprediksi. Dan biasanya pada saat memotret candid, kita hanya bisa mendapatkan satu kesempatan bagus. Jadi, jepretlah sebanyak mungkin dengan bantuan mode burst.

Oh iya, menjepret dengan mode burst juga membantu untuk yang tidak stabil memegang kamera. Kamera yang tidak stabil akan membuat hasil foto menjadi blur. Nah Selain mode burst, kamu juga akan terbantu banget dengan OIS (Optical Image Stabilization) yang terdapat pada OPPO Reno ini. Kamera akan lebih stabil dan mengurangi dampak guncangan pada saat memotret yang menyebabkan foto tidak fokus..

Nah, itu dia 8 tips mudah mendapatkan foto candid yang memukau. Jadi, foto candid yang bagus ngga hanya didapatkan dengan kamera DSLR kok, kamera smartphone juga bisa kita gunakan untuk memotret candid. Hasilnya pun bisa setara dengan kamera profesional, loh. Berani coba?