Pelajari Proses Pembentukan Beserta Contoh Word Formation

Bahasa Inggris tidak semudah yang dibayangkan. Nyatanya, dalam mempelajari bahasa Inggris banyak awalan maupun akhiran kata yang dapat ditambah. Hal ini untuk mengubah makna dari kata tersebut. Proses pengubahan kata tersebut dikenal sebagai word formation, untuk lebih jelasnya silakan perhatikan contoh word formation berikut ini!

Kenali Proses dan Contoh Word Formation!

Sebagian dari Anda pasti belum tahu apa itu word formation. Word formation sendiri dikenal sebagai suatu proses pembentukan kata yang menambahkan imbuhan baik di awal maupun di akhir kata. 

Proses tersebut digunakan untuk mengubah makna dari kata tersebut, namun untuk melakukan word formation tidak hanya dengan cara menggabungkan kata saja. Anda juga bisa memotong, meringkas maupun meminjam kata dari bahasa lain untuk mengubah bentuk kata asal. 

Untuk lebih jelasnya mengenai proses perubahan kata ini, Anda bisa memperhatikan beberapa proses pembentukan beserta contoh word formation di bawah ini!

Convertion (Proses perubahan kata tanpa mengubah bentuk kata asal), contoh: Can you text here?

Compounding (Menggabungkan atau merangkai kata menjadi bentuk baru), contoh: I will do my homework after I go home from school

Blending (Menggabungkan dua kata dan menghilangkan beberapa huruf di setiap kata), contoh: Hi Fajri, let’s have a brunch this noon, I’m so hungry

Inflection (Menambah kata baru namun tidak mengubah kata dasar), contoh: I buy some books in the book store

Coinage (Kata-kata yang digunakan untuk menyebutkan sebuah merk atau mewakili kata asal), contoh: Laila, do you know where is my molto?

Clipping (Memotong kata dasar sehingga membentuk kata baru), contoh: Influenza => Flu, Gasoline => Gas dan sebagainya.

Demikianlah penjelasan beserta contoh word formation dalam bahasa Inggris. Untuk mengetahui penjelasan yang lebih lengkap tentang word formation, Anda bisa mendaftarkan diri di kursus bahasa Inggris seperti English First. EF tidak hanya memberikan layanan pembelajaran yang kondusif bagi Anda. Namun, Anda juga bisa menikmati berbagai macam acara bulanan yang pastinya menyenangkan. Dengan begitu, pembelajaran Anda tidak akan monoton. Yuk buruan buka website EF sekarang juga dan daftarkan diri Anda!