Indonesia sebagai negara agraris, negara yang terkenal dengan hasil alamnya membuatnya membutuhkan anak-anak bangsa yang mampu mengolah dan mengemas hasil alam Indonesia sebagai komoditi sehingga mampu bersaing dengan negara lain. Oleh karena itu sekarang semakin banyak bermunculan perguruan tinggi membuka fakultas pertanian salah satunya adalah universitas masoem untuk menjawab permasalahan-permasalahan pertanian Indonesia.
Universitas masoem dengan visi “menjadi perguruan tinggi bermutu tinggi tahun 2038 dengan karakter cageur, bageur, pinter” ikut andil dalam memajukan bangsa, menjawab tantangan jaman, mencoba mengatasi permasalahan, dan meningkatkan ekonomi bangsa. Fakultas pertanian universitas masoem terdiri atas dua jurusan yaitu jurusan agribisnis dan jurusan teknologi pangan.

Jurusan agribisnis di bandung khususnya di universitas masoem akan melahirkan bibit-bibit unggul yang mampu mengolah pertanian Indonesia. Mulai dari memproduksi, merawat, memanen, mengemas hasil panen, menjual hasil panen, mengolah kembali hasil panen menjadi produk baru sehingga mampu dijual harga lebih tinggi, menjadikannya sebagai bahan pokok berbagai produk, menjaga kualitasnya, hingga memikirkan bagaimana agar terus bergerak dan berkembang sehingga nantinya akan memajukan produk pertanian Indonesia dan akan meningkatkan perekonomiam rakyat Indonesia, menyerap banyak tenaga kerja, mengurangi pengangguran, mengurangi impor, mampu menghasilkan produk berkualitas, dan pastinya akan sangat menguntungkan bangsa.

Jurusan teknologi pangan di bandung juga ada di universitas masoem, jurusan ini nanti akan melahirkan orang-orang yang mampu memproses makanan atau hasil panen, mengemas produk supaya menarik, mengawetkan makanan, meneliti kandungan makanan baik secara biologi maupun kimiawi, mendistribusikan, sampai dengan memastikan produk tersebut sampai di tangan konsumen, sampai ditangan masyarakat dan layak untuk dikonsumsi, bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan tetapi juga mempertimbangkan nilai kesehatannya, inilah nanti tugas-tugas para lulusan teknologi pangan. Selain itu para lulusan jurusan ini juga akan mengkaji bagaimana makanan akan mempengaruhi tingkat ekonomi suatu bangsa, bagaimana dapat mempengaruhi nilai sosial suatu bangsa, dan ideologi suatu bangsa. Jadi jurusan ini sangat-sangatlah penting untuk memajukan negara.
Kedua jurusan dalam fakultas pertanian universitas masoem ini sangat sesuai dengan misinya yaitu menyelenggarakan pendidikan tinggi berkualitas berbasis religius dan entrepeneurship dan sesuai pula dengan tujuan universitas masoem yaitu menghasilkan penelitian dan produk berkualitas dan dapat berperan meningkatkan daya saing nasional sehingga dapat membawa pertanian Indonesia ke kancah internasional.

Universitas masoem telah menyiapkan semuanya, telah menyiapkan program-program terbaik, pengajar terbaik, fasilitas terbaik, tempat praktik lapangan terbaik untuk mengasilkan bibit-bibit unggul yang nantinya dapat bermanfaat untuk negara, agama, dan memajukan bangsa. Universitas masoem tidak hanya menyiapkan manusia terbaik dalam dunia pertanian, tapi masih banyak lagi. Terdapat fakultas ekonomi bisnis islam yang terdiri dari jurusan S1 perbankan syariah, fakultas komputer yang terdiri dari sistem informasi, manajemen informatika, dan komputerisasi akuntansi, dan juga fakultas keguruan dan ilmu pendidikan yang terdiri dari jurusan pendidikan bahasa inggris, dan juga jurusan bimbingan dan konseling,  yang mana kesemuanya diharapkan dapat bermanfaat untuk umat, untuk agama, untuk negara, dan juga untuk bangsa. 

Yuk, daftarkan diri anda, jadilah bagian dari keluarga besar kami. Kunjugi website kami atau kantor kami. Buktikan bahwa kamu mampu menjadi bagian dari peradaban!

Masoem University
Jl. Raya Cipacing No. 22 Jatinangor 45363 Jawa Barat
Telp : 022 7798340
Whatsapp : 08156033022

By Daliono