Inilah Gerakan Senam Hamil di Rumah untuk Memperlancar Persalinan

Kabar Khusus – Hamil trimester ketiga atau sudah mendekati masa persalinan membuat ibu semakin merasa begah, engap, nafas ngos-ngosan, punggung sakit, bahkan kaki terasa pegal-pegal. Hal ini menjadikan ibu semakin susah bergerak, mau bergerak sedikit saja susah begah dan berat. Namun jika hal itu tidak dilawan nanti ibu akan semakin tidak bugar saat mendekati masa persalinan dan akan mempersulit proses persalinan. Inilah mengapa sekarang semakin santer dipromosikan mengenai senam hamil. Karena dengan gerakan-gerakan kecil pada senam hamil ini membuat ibu semakin rileks dan bugar, sekaligus nantinya akan memudahkan proses persalinan karena ibu menjadi tidak kaku sehingga akan mudah mengikuti instruksi yang diberikan oleh bidan atau dokter nanti saat mengahadapi proses persalinan. Banyak ibu hamil beranggapan kalau senam hamil harus datang dan ikut berbagai club senam hamil yang akan banyak menguras energi ibu, oh tenang saja, tidak kok bu, senam hamil dapat ibu-ibu kerjakan di rumah sambil santai dan menyantap berbagai cemilan, jadi tenaga ibu tidak akan banyak terkuras untuk pulang pergi menuju club senam. Berikut ini gerakan senam hamil yang dapat anda lakukan di rumah: 

1. Duduk Bersila 

Gerakan duduk bersilan ini adalah gerakan dasar dalam senam hamil yang bertujuan untuk mengatur nafas dan beberapa gerakan ringan yang lain seperti menggelengkan kepala ke kanan dan ke kiri yang dapat dilakukan sebanyak 3 kali, gerakan kepala tengok ke kanan dan kiri sebanyak tiga kali juga, selain itu juga dapat melakukan gerakan menengadah dan menunduk sebanyak tiga kali. Saat melakukan gerakan ini pastikan anda menggunakan matras atau bantalan agar bokong anda tidak sakit dan dapat duduk dengan nyaman dan badan anda harus dalam keadaan tegak agar janin anda tidam tertekan.  

2. Gerakan senam hamil dengan jongkok
 
Gerakan ini bertujuan agar janin semakin turun menuju jalan lahir. Selain itu gerakan senam ini juga berfungsi untuk menguatkan otot panggul, kaki, dan juga paha yang sangat berguna saat proses persalinan serta untuk meningkatkan elastisitas jalan lahir. Caranya mudah dari posisi berdiri pelan-pelan bawa turun panggul dan bokong anda hingga posisi jongkok, tetap ambil nafas dan buang nafas dan tahan posisi jongkong hingga sekitar 10 detik dan kembalilah ke posisi semula. Ulangi gerakan ini sesuai dengan kekuatan tubuh anda. Jika sudah capek berhentilah jangan dipaksa. 
3. Posisi tidur menghadap samping dan menggerakkan kaki secara perlahan

Gerakan ini berfungsi untuk memperkuat otot-otot paha dan kaki. Selain itu juga membuat tubuh ibu menjadi relaks dan santai. Caranya sangat mudah pertama ibu tidur dalan posisi miring ke kanan. Kaki kanan lurus, kepala ibu disangga dengan bantal. Kaki kiri tekuk dan angkat setinggi pinggul, kemudian turunkan dan tekuk ke arah perut. Ubah posisi tubuh menjadi miring ke kiri dan lakukan gerakan yang sama. 

 
4. Gerakan mengayuh sepeda dengan posisi terlentang

Caranya sangat mudah, ibu hamil tidur terlentang dengan kepala disangga oleh bantal. Kaki ditekuk di atas, kemudian lakukan gerakan seperti mengayuh sepeda. Lakukan semampu ibu. Gerakan ini akan menguatkan otot-otot perut bagian bawah.
 
5. Mengangkat pinggul

Gerakan ini bertujuan untuk menguatkan otot-otot perut. Caranya ibu
tidurterlentang di atas matras kemudian tekuk kedua lutut, kemudian angkat
perlahan punggung dan bokong dalam keadaan lurus, kemudian tahan selama kurang
lebih 5 kali tarikan nafas, lakukan semampu ibu, jangan dipaksakan jika tidak
mampu. 

Gimana bu? Siap melaksanakan di rumah? Yuk bu semangat semoga lahirannya
mudah dan gak sakit dan yang paling penting anak sehat ya bu! Semangat!