5 Fungsi Software HRIS Indonesia untuk Menunjang Kinerja Perusahaan

Manajemen sumber daya manusia memang menjadi salah satu hal penting yang wajib diperhatikan oleh setiap perusahaan. Itulah mengapa penggunaan software HRIS Indonesia saat ini begitu marak di berbagai bisnis. Terlebih dengan berbagai fungsi yang dapat dihadirkan oleh perangkat lunak tersebut. Adapun fungsi aplikasi HRIS antara lain sebagai berikut.

Fungsi Software HRIS

1. Kemudahan Proses dan Distribusi Gaji

Fungsi utama dari software HRIS yaitu kemudahan dalam proses dan distribusi gaji dalam perusahaan. Karena pada era seperti sekarang ini, pengecekan gaji sudah tidak lagi dilakukan secara manual. Adanya aplikasi HRIS membuat semua proses pembagian gaji tidak perlu repot dilakukan satu per satu.

Pasalnya sistem aplikasinya sudah terintegrasi dan semuanya dilakukan langsung secara otomatis. Sehingga pendistribusian gaji para karyawan pun dapat dilakukan dengan cepat dan tetap akurat. HR sendiri tidak perlu lagi berfokus hanya pada rekapan bulanan seperti cuti, izin, dan lain sebagainya, mengingat bahwa semua data tersebut sudah otomatis tersimpan dalam sistem.

2. Memenuhi Kelengkapan Data Karyawan

Software HRIS Indonesia juga memiliki fungsi yaitu memenuhi kelengkapan data karyawan. Sebab sistem HRIS akan menyimpan semua informasi karyawan dengan aman, yang membuatnya diandalkan sebagai sumber data kepegawaian. Data tersebut dipersiapkan untuk beberapa alasan, misalnya informasi untuk pajak, informasi kontak pertama saat terjadi kecelakaan, dan lain sebagainya.

3. Operasional HR Menjadi Lebih Hemat

Pengoptimalan penggunaan software HRIS bisa membantu operasional HR menjadi lebih hemat. Karena pihak HR bisa melihat serta menentukan beberapa aplikasi yang ada, sehingga dapat menghilangkan kebutuhan yang tidak terlalu penting. Termasuk pula penggunaan kerja.

Adanya aplikasi HRIS memungkinkan HR untuk tidak lagi menggunakan kertas sedikitpun, mengingat bahwa semua data telah terintegrasi pada sistem yang ada. Terlebih dengan berbagai fitur canggih yang mendukung operasional HR. Sehingga dukungan tenaga kerja pun tidak begitu banyak dibutuhkan, yang membuat biaya untuk menambah karyawan baru tidak perlu dikeluarkan.

4. Mempermudah Proses Rekrutmen

Fungsi lainnya dari software HRIS yaitu mempermudah proses rekrutmen, yang merupakan salah satu tugas dari HR. Karena aplikasi bisa membantu alur proses rekrutmen perusahaan, mulai dari menyunting semua lamaran yang masuk, wawancara calon karyawan, sampai penerimaan karyawan baru.

5. Melihat dan Memantau Kinerja Karyawan

Melihat dan memantau kinerja karyawan baik dari kantor maupun remote sudah bukan hal yang sulit untuk dilakukan oleh perusahaan, apabila menggunakan software HRIS Indonesia. Sebab melalui aplikasi ini, tim HRD dapat menentukan indikator terkait kinerja utama untuk setiap karyawan dan mengukur apakah mereka dapat mencapai indikator tersebut.

Itulah beberapa fungsi yang dimiliki oleh software HRIS dan bisa diandalkan untuk membantu meningkatkan performa perusahaan. Namun berbagai fungsi seperti di atas hanya bisa anda dapatkan ketika memilih aplikasi yang tepat. Seperti software SPISy dari Sakura System yang telah terbukti sangat efektif dan efisien dalam penggunaannya.