5 Aspek yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Menggunakan Cicilan Tanpa Kartu Kredit

Kebutuhan harian yang semakin menggunung membuat banyak orang mencari cara untuk memenuhinya. Selain dengan bekerja keras dengan menambah sampingan, banyak orang memenuhi kebutuhan hidup dengan mencari kredit berplafon. Contohnya saja adalah penggunaan kartu kredit yang dinilai bisa membantu menalangi kebutuhan finansial. Sayangnya, tidak semua orang mampu dan dapat menggunakan kartu kredit dengan mudah.

 

Tak heran, banyak orang beralih ke cicilan tanpa kartu kredit yang pengajuannya dinilai lebih mudah dan cepat. Namun, sebelum memilih menggunakan cicilan tanpa kartu kredit, pastikan untuk memperhatikan beberapa aspek supaya Anda lebih aman nantinya. Berikut ini penjelasannya. 

 

Pilih Jenis Cicilan Sesuai Kemampuan Finansial

Pastikan memilih jenis cicilan yang tidak memberatkan serta sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Cicilan A yang dipakai teman Anda belum tentu cocok dengan status keuangan Anda saat ini. Oleh karena itu, pastikan memilih cicilan yang tidak membebankan berdasarkan bunga serta syarat pengajuan yang rumit.

 

Bila Anda sedang kepepet dan membutuhkan dana segar segera, pastikan untuk memilih jenis cicilan yang persyaratannya mudah serta bunga yang ringan dan masuk akal dengan kondisi finansial.

 

Oleh karena itu, dalam memilih cicilan sebaiknya tidak boleh terlalu mengikuti hawa nafsu dan harus memprioritaskan logika. Ketahui apakah dengan cicilan sekian dan bunga sekian bisa Anda lewati dengan status keuangan terkini.

 

Ajukan Cicilan di Lembaga yang Terpercaya

Sebelum mengajukan cicilan, pastikan untuk melihat status lembaga keuangan penyedia cicilan tersebut. Bila lembaga tersebut menyediakan layanan pengajuan via online, lihat lagi apakah domain yang dipakai benar-benar terpercaya atau tidak.

 

Selain itu, lembaga keuangan terpercaya pasti memiliki kantor fisik resmi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Bila lembaga yang dimaksud tidak memiliki kantor resmi, maka Anda patut curiga terlebih dahulu.

 

Perhatikan juga apakah lokasi lembaga keuangan pemberi pinjaman tersebut ada di Google Maps atau tidak. Bila tidak ada, bisa jadi adalah lembaga abal-abal yang tidak ingin keberadaan kantor fisiknya diketahui oleh polisi.

 

Pilih Tenor yang Masuk Akal

Dalam mengajukan cicilan tanpa kartu kredit, biasanya customer akan diberikan pilihan tenor alias jangka waktu pembayaran. Nah, pilih yang sekiranya bunga dan lama cicilannya sesuai dengan kemampuan finansial Anda saat ini.

 

Banyak yang menyesal mencicil barang dengan tenor yang terlalu panjang sehingga bunga yang harus dibayar juga banyak. Namun, ada juga yang sudah terlanjur percaya diri bisa membayar cicilan dengan tenor pendek. Solusi terbaik adalah dengan memilih tenor sesuai dengan kemampuan finansial dan tidak memberatkan.

 

Anda bisa menghitung terlebih dahulu menggunakan simulasi kredit sebelum mengajukan cicilan. Langkah ini dilakukan supaya Anda bisa mengetahui besaran pokok beserta bunga sesuai perhitungan tenor pinjaman. Dengan begini, Anda bisa berjaga-jaga mempersiapkan dana pembayaran tagihan jauh-jauh hari.

 

Perhatikan Denda dan Keuntungan 

Sebelum menentukan cicilan tanpa kartu kredit seperti apa yang cocok untuk Anda, pastikan untuk memperhatikan juga denda serta benefit apa yang disediakan oleh penyedia layanan cicilan. Beda perusahaan pasti beda pula aturannya. Oleh karena itu, penting untuk membaca kembali lagi detail denda dan benefit di awal supaya Anda tidak kaget ketika ada kejadian menimpa.

 

Misalkan saja, bila Anda ingin menggunakan produk cicilan tanpa kartu kredit semacam traveloka paylater, lihat lagi apa saja benefit yang ditawarkan. Biasanya, benefit yang diberikan berubah-ubah menyesuaikan event dan program dari penyedia cicilan.

 

Semakin banyak promo yang ditawarkan, akan semakin bagus. Anda bisa mendapatkan berbagai kemudahan dari benefit yang diberikan. Misalkan saja, menggunakan promo yang ada di Traveloka PayLater untuk membeli tiket pesawat dan hotel dengan potongan diskon.

 

Lihat juga berapa denda dari suatu layanan cicilan, apakah dibebankan perhari atau perbulan. Semakin telat Anda membayar, tentu denda bisa semakin bertambah. Semakin cepat Anda membayar, Anda bisa terhindar dari denda dan limit Anda kemungkinan akan ditambah seiring waktu.

 

Hindari Menggunakan Banyak Layanan Cicilan dalam Satu Waktu

Pastikan untuk menghindari penggunaan banyak layanan cicilan dalam satu waktu karena memberatkan finansial Anda. Bila saat ini Anda menggunakan cicilan A, maka tunggu dulu hingga barang lunas sehingga Anda bisa beralih ke produk cicilan milik lembaga B.

 

Semakin banyak cicilan yang Anda pakai dari lembaga keuangan yang berbeda, maka bunga yang Anda dapatkan pun juga akan semakin banyak. Bila Kondisi keuangan Anda goyah, akan sangat sulit membayar cicilan yang terhitung banyak.

 

Sebaiknya, jangan mencicil jika cicilan yang lama belum lunas. Disarankan untuk menyelesaikan cicilan di awal, supaya keuangan tidak terbebani sehingga Anda pun bisa bernafas lega. Inilah pentingnya memiliki ilmu finansial dan manajemen keuangan dalam kehidupan.

 

 

Itulah lima poin penting yang harus Anda perhatikan saat memilih cicilan tanpa kartu kredit yang sesuai dengan kemampuan finansial. Pastikan untuk memilih produk cicilan yang benar-benar terpercaya dan diawasi OJK, seperti misalkan Traveloka PayLater yang sudah dipercaya banyak customer sebagai layanan kredit pembelian hotel dan transportasi pilihan. Bagaimana? Sudah coba apply cicilan tanpa kartu kredit di Traveloka?