4 Manfaat Mendaftarkan Si Kecil ke Sekolah PAUD

UNESCO telah lama menjalankan program yang mengharus anak mengecap pendidikan pra-sekolah setidaknya satu tahun sebelum masuk SD. Jadi banyak yang bertanya tanya, apakah anak harus sekolah PAUD terlebih dahulu sebelum TK dan kemudian melanjutkan SD. Melihat jenjang tersebut, PAUD sebenarnya tidak wajib. Namun coba tengok manfaat yang akan diperoleh ketika si kecil ikut PAUD.

Manfaat PAUD untuk Balita

1. Memiliki Pencapaian Akademis yang Lebih Baik

Tidak bisa dipungkiri bahwa anak anak yang ikut PAUD memang memiliki pencapaian akademis yang lebih baik. Meskipun ada juga anak yang langsung TK dan mempunyai pencapaian akademis yang bagus. Namun mengikuti PAUD memperbesar peluang tersebut, karena adanya bekal yang sudah dimiliki oleh anak.

Umumnya, anak anak usia pra-sekolah mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi. Di PAUD, mereka belajar dan bermain sehingga membuat rasa ingin tahu anak dapat terpenuhi. Hal tersebut memberikan efek positif terhadap performa akademisnya kelak. Sejumlah penelitian bahkan menyebutkan bahwa anak yang ikut pendidikan usia dini sangat jarang mengulang kelas.

2. Mendorong Perkembangan Emosi-Sosial

Sekolah PAUD bermanfaat dalam mendorong perkembangan emosi sosial dalam diri anak. Karena selama belajar di sana, anak mau tidak mau akan berinteraksi dan bekerjasama dengan teman temannya. Mereka pun cenderung mulai memahami aturan selama berinteraksi tersebut.

Dimana berinteraksi dengan lebih banyak orang dan memahami aturan aturan tertentu dapat membantu anak untuk lebih siap dalam menghadapi dunia yang lebih luas. Keterampilan tersebut tidak hanya bertahan sebentar, namun relatif bersifat jangka panjang dan membantunya di masa depan.

3. Membantu Pembentukan Struktur Otak

Saat usia balita, otak buah hati belum sepenuhnya berkembang dan hanya beberapa persen dari ukuran otak ketika dewasa nanti. Itulah mengapa tahun tahun pertama kehidupan anak sering disebut sebagai golden age, karena menjadi masa kritis bagi pembentukan struktur dan perkembangan otak. 

Pengalaman pengalaman mereka pada usia golden age ini dapat begitu membekas dan memberikan efek jangka panjang untuk masa depan. Itulah mengapa pentingnya menciptakan berbagai pengalaman positif pada usia ini. Salah satunya yaitu dengan mendaftarkan anak di PAUD yang memberikan banyak sekali pengalaman berharga.

4. Tambahan Aktivitas Harian yang Terstruktur

Manfaat lain yang diperoleh ketika mendaftarkan anak di sekolah PAUD yaitu sebagai tambahan aktivitas harian si kecil yang lebih terstruktur. Ketika berada di rumah, anak mungkin hanya bermain mainan yang ada. Jadwalnya sangat tidak terstruktur, karena mereka main saat ingin. Namun dengan mengikuti kegiatan di PAUD, aktivitas mereka lebih rapi yang dan lebih terstruktur.

Jadi meskipun PAUD memang tidak wajib, namun banyaknya manfaat yang diberikan tentunya membuat banyak orang ingin mendaftarkan buah hati mereka di Pendidikan Anak Usia Dini. Di masa pandemi seperti sekarang, anda tetap bisa mendaftarkan anak di PAUD yang menjalankan sistem blended learning (online dan offline) seperti Sekolah Murid Merdeka.